Prosedur Pemeriksaan HB metode Sahli

Diposting oleh chitunk abu haidar on Kamis, 04 Agustus 2011

Metode pemeriksaan Hemoglobin (HB) secara Sahli memang sudah ketinggalan jaman dan makin ditinggalkan orang, mengingat kelemahan yang dimiliki oleh metode ini. Tetapi bagi yang memerlukan prosedur kerjanya, silahkan dibaca :






  •  Prinsip :    Hemoglobin diubah menjadi hematin asam, kemudian warna yang terjadi dibandingkan dengan standar warna dalam alat sahli. 
  •   Alat 
  1. Standar Sahli Hemometer.
  2. Pipet HB 20 µl. 
  3. Pipet Tetes.
  4. Batang pengaduk.
  5. Tabung Pengencer haemometer
  • Bahan  :
  1. Hcl 0,1 N
  2. Aquadest
  • Cara Kerja :

1)      Masukan 5 tetes Hcl 0,1N ke dalam tabung pengencer Hemometer.
2)      Isaplah darah (kapiler, EDTA/Oxalat) dengan pipet HB sampai garis tanda 20µl. hapus darah yang melekat pada sebelah luar ujung pipet.
3)      Catatlah waktunya dan segeralah alirkan darah dari pipet kedalam dasar tabung pengencer yang berisi Hcl 0,1N tadi. Jangan sampai terjadi gelembung udara.
4)      Angkat pipet sedikit, lalu isap Hcl 0,1N yang jernih ke dalam pipet 2-3 kali untuk membersihkan darah yang masih tertinggal di pipet.
5)      Campurlah isi tabung itu supaya darah dan Hcl bersenyawa; warna campuran menjadi coklat tua.
6)      Tambahkan aquadest setetes demi setetes, aduk dengan batang pengaduk. Perbandingan warna campuran dengan warna standar harus dicapai dalam waktu 3-5 menit setelah saat darah dan Hcl dicampurkan. Pada saat menyamakan warna tabung diputar hingga garis bagi tidak terlihat.
7)      Baca kadar HB dalam gram/100 ml darah.

{ 0 komentar... read them below or add one }

Posting Komentar